Selasa, 07 Oktober 2014

Membuat mesin Pencacah daun dan Jerami sendiri

Ini foto prototip pencacah sampah skala rumah tangga, kepada yang berminat supaya dikembangkan saja. Ada 2 (dua) pisau. Satu bentuknya melengkung berputar (seperti pisau babat rumput yang didorong), satu lagi pisau datar statis yang bisa dimajukan dimundurkan agar pas bertemu dng pisau lengkung. Kalau posisinya sudah pas, pisau datar dikencangkan pakai sekrup.

Pada sumbu putar baiknya dipasang "laher" (roda yang ada pelor-pelor besi) agar putaran ringan. Bagian bawah pencacah ini dipasang kawat ayam untuk menyaring potongan-potongan daun yang terbentuk menjadi ukuran kecil-kecil kurang lebih 3 cm-an.

Kalau bisa membuat alat ini dalam jumlah banyak, dan menjualnya kepada keluarga menengah ke atas, maka keuntungannya cukup bagus. Dipatok harganya jangan mahal tetapi ada untung. Saya pikir dengan harga Rp. 200.000 per buah pasti laku.
Ongkos produksi paling Rp 75.000, jadi keuntungan Rp 125.000 per buah. Silahkan dikembangkan. Kalau dimodifikasi dengan motor atau disambung ke sepeda statis akan lebih bagus lagi. Selamat mencoba!




Membuat mesin Pencacah Jerami











Tidak ada komentar:

Posting Komentar